Google Adsense: Pengenalan dan Cara Mengontrol Iklannya


Google AdSense adalah cara terbaik untuk memonetisasi blog Anda. Namun, ia hadir dengan beragam opsi yang harus Anda ketahui. Sangat penting untuk memahami bagaimana menyesuaikan pengaturan dan penempatan iklan Anda, karena memiliki terlalu banyak iklan yang mengganggu (atau jenis yang salah) dapat berdampak buruk pada situs Anda dan membuat pengguna menjauh.

Untungnya, tidak sulit untuk mempelajari seluk beluk AdSense . Ini termasuk mengendalikan jenis iklan yang ditampilkan pada halaman Anda, dan menghapus semua yang mungkin tidak konsisten dengan pesan situs Anda. Anda juga dapat memutuskan apakah Anda ingin membuat iklan otomatis, atau mempertahankan kontrol manual atas penempatan iklan.

Dalam artikel ini, kami akan menjelaskan cara meninjau pengaturan iklan Anda dan hanya menampilkan konten yang relevan di situs Anda.

Mengapa Penting Menyesuaikan Iklan Google AdSense Anda

Sebelum Anda mulai, Anda harus memahami bahwa Google AdSense adalah pelacak iklan otomatis. Ini berarti Anda tidak akan dapat memilih iklan tertentu yang muncul di situs Anda . Namun, adalah mungkin untuk menyesuaikan jenis kategori iklan apa yang akan Anda memungkinkan.

Misalnya, jika Anda memiliki blog memasak vegan, Anda mungkin ingin memblokir iklan yang berkaitan dengan produk daging. Anda mungkin juga ingin menghindari iklan apa pun yang mungkin menyinggung atau tidak bermerek untuk situs Anda. Selain itu, berfokus pada kategori iklan yang akan sangat menarik bagi audiens spesifik Anda adalah cara cerdas untuk memaksimalkan potensi pendapatan.

Di sisa posting ini, kami akan membantu Anda memulai dengan menjelajahi berbagai jenis iklan yang tersedia dari Google AdSense. Plus, kami akan menawarkan saran di mana dan bagaimana menempatkannya di situs Anda.

Cara Mengontrol Iklan Google AdSense Situs Anda (Dalam 4 Langkah)

Jika Anda baru menggunakan AdSense, pertama-tama kami sarankan untuk memeriksa panduan kami untuk platform ini . Setelah Anda mengetahui dasar-dasarnya, berikut adalah empat langkah mudah yang dapat Anda ambil untuk mengontrol iklan situs Anda.

Langkah 1: Tinjau Pengaturan Iklan Google AdSense Anda

Pertama, Anda ingin memeriksa pengaturan untuk iklan yang telah Anda buat. Untuk melihat semua iklan aktif Anda, kunjungi situs web AdSense, masuk, dan pilih Iklan> Unit Iklan dari bilah sisi halaman akun Anda

Di kolom Ringkasan , Anda dapat melihat setiap jenis iklan (seperti teks / gambar ) dan ukurannya. Untuk mengedit pengaturan iklan individu, cukup klik pada judulnya:

Langkah 2: Pilih Jenis dan Gaya Iklan Google AdSense Anda

Setiap kali Anda membuat iklan baru, Anda akan memiliki tiga jenis untuk dipilih. Memahami cara kerja masing-masing sangat penting untuk membuat keputusan yang tepat. Jenis iklan yang tersedia meliputi:
  • Iklan teks dan tampilan.
    Ini adalah iklan berbasis teks atau gambar statis. Mereka dapat ditempatkan di area seperti bagian atas atau bawah halaman, dan relatif tidak mengganggu . Anda dapat memilih untuk menampilkan iklan hanya teks ( Teks ) atau hanya gambar ( Tampilan ), atau kombinasi keduanya ( Teks & tampilan ). Jika Anda memilih opsi Teks & tampilan , AdSense akan secara otomatis memilih pengiklan penawaran tertinggi dari salah satu format. Kami sarankan untuk memilih opsi ini untuk memaksimalkan pendapatan Anda, karena teks dan iklan bergambar terlihat relatif sama.
  • Iklan dalam umpan.
    Iklan dalam umpan dirancang untuk muncul ketika pengguna menggulir umpan. Misalnya, Anda mungkin telah memperhatikan jenis ' iklan asli ' ini saat menggulir melalui umpan Facebook atau Twitter Anda sendiri. Iklan dalam-umpan dapat membantu mempromosikan keterlibatan karena mereka ditampilkan secara organik, dan tampaknya cukup mirip dengan konten situs Anda sehingga mereka cenderung tidak akan menonjol bagi pengunjung Anda.
  • Iklan dalam artikel.
    Terakhir, ini sama seperti iklan dalam umpan, kecuali bahwa iklan itu ditampilkan ketika pengunjung menggulir artikel di situs Anda.

Setelah memilih jenis iklan yang diinginkan, Anda juga akan diminta memilih ukuran. Kami sarankan memilih Responsif , sehingga iklan Anda akan secara otomatis mengubah ukuran ketika dilihat di ponsel atau tablet.

Saat Anda membuat iklan teks, Anda juga dapat memilih warna untuk teks dan latar belakangnya

Tentu, Anda ingin memilih warna yang melengkapi desain situs web Anda. Untuk iklan dalam umpan dan iklan dalam artikel, Anda dapat memilih untuk membiarkan Google secara otomatis mencocokkan gaya mereka dengan situs Anda dengan memasukkan URL halaman yang akan dipindai

Terakhir, Anda juga dapat memilih apa yang terjadi ketika tidak ada iklan yang tersedia untuk ditampilkan di tempat tertentu. Anda dapat menutup iklan dan menampilkan ruang kosong, atau menampilkan URL yang menunjuk ke iklan lain pilihan Anda, seperti iklan untuk produk Anda sendiri.

Langkah 3: Hapus Iklan Google AdSense yang Tidak Diinginkan

Seperti yang kami sebutkan sebelumnya, Anda ingin mencocokkan kategori iklan Anda dengan konten situs Anda. Anda dapat melakukan ini dari dasbor AdSense Anda, dengan mengunjungi Control Blocking di sidebar

Semua kategori iklan ditampilkan di tab Kategori umum dan Kategori sensitif . Anda cukup menghapus centang pada kategori atau subkategori untuk memblokir jenis iklan tersebut.

Perlu dicatat bahwa ini mungkin tidak mencegah semua pilihan iklan yang buruk. Jika ada masalah yang menarik perhatian Anda, Anda selalu dapat memblokir iklan tertentu dari tab URL Pengiklan

Untuk memblokir setiap iklan dengan URL, pertama-tama temukan iklan di situs web Anda. Klik kanan padanya, dan salin URL. Kemudian, cukup tempel tautan ke bagian Blokir Pengiklan URL di AdSense.

Langkah 4: Menyiapkan Iklan Google AdSense Otomatis (Opsional)

Salah satu opsi AdSense yang lebih menarik adalah 'Iklan otomatis', yang menggunakan pembelajaran mesin untuk secara otomatis menghasilkan penempatan iklan khusus berdasarkan cara pengguna menjelajahi situs Anda. Dengan iklan Otomatis, Anda tidak dapat mengontrol dengan tepat di mana iklan ditempatkan. Namun, Anda dapat membatasi jenis format iklan mana yang akan ditampilkan.

Selain tiga jenis iklan yang telah kita bahas sebelumnya, iklan otomatis menawarkan tiga varietas baru . Ini termasuk:
  • Konten yang cocok.
    Ini akan menghasilkan daftar konten terkait dari situs Anda sendiri, dengan campuran satu atau dua iklan. Iklan konten yang cocok sering muncul sebagai kotak thumbnail di bagian bawah artikel.
  • Iklan jangkar.
    Jenis iklan ini berada di bagian atas atau bawah layar pengguna Anda, dan harus disadap untuk menutup.

  • Iklan vignet.
    Ini adalah iklan layar penuh yang muncul di antara pemuatan halaman di situs Anda - saat pengunjung meninggalkan satu halaman, iklan sketsa ditampilkan sementara halaman berikutnya dimuat.

Untuk mengatur iklan Otomatis, Anda hanya perlu menempatkan satu bagian kode di situs Anda, dan Google mengurus sisanya. Kunjungi akun AdSense Anda dan pilih Iklan> Iklan Otomatis dari bilah samping. Kemudian, klik Memulai

Di layar berikutnya, Anda akan diminta untuk memilih jenis iklan Anda

Hapus centang pada apa pun yang tidak ingin Anda gunakan, dan simpan pilihan Anda. Kemudian, Anda dapat menyalin kode yang disediakan dan menempelkannya di mana saja di situs Anda di area HTML .

Kesimpulan Google AdSense

Google AdSense adalah cara ramah pemula untuk memulai periklanan online. Anda tidak dapat memilih iklan individual untuk ditampilkan, tetapi Anda memiliki kendali besar atas kategori dan jenis iklan yang ditempatkan di situs Anda. Sangat penting untuk memikirkan dengan hati-hati tentang pilihan ini, untuk memastikan iklan Anda konsisten dengan tampilan dan pesan situs Anda.

Empat langkah yang dapat Anda ambil untuk mengontrol iklan situs Anda meliputi:

  • Tinjau pengaturan iklan Anda.
  • Pilih jenis dan gaya iklan Anda.
  • Hapus iklan yang tidak diinginkan.
  • Secara opsional, atur iklan Otomatis.


  • Apakah Anda memiliki pertanyaan tentang cara menyesuaikan pengaturan Google AdSense Anda? Tanyakan kepada kami di bagian komentar di bawah!

    Komentar

    Postingan Populer

    10 Cara Terbaik Mencari Topik Untuk Blog Anda

    Cara Menulis Artikel: 10 Pertanyaan Sebelum Menerbitkannya Di Blog

    7 Halaman Penting Yang Wajib Dimiliki Blog Anda